Jumat, 10 Maret 2017

Interaksi Manusia dan Komputer Beserta Ilmu Dasar dan Prinsip Terkait


Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer

            Interaksi secara bahasa adalah tindakan yang terjadi antara dua objek atau lebih yang saling mempengaruhi satu sama lain.[1] Interaksi Manusia dan Komputer memiliki cakupan bahasan yang cukup luas, tidak hanya berfokus pada rancangan antarmuka saja, tetapi juga pada semua aspek terkait disiplin ilmu yang berhubungan dengan interaksi manusia dan komputer.

            Interaksi Manusia dan Komputer atau HCI (Human Computer Interaction) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi dan impementasi antarmuka pengguna (user) agar mudah digunakan oleh manusia.[2]
Jadi, Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah suatu disiplin ilmu yang berhubungan dengan interaksi manusia dan komputer melalui sebuah antarmuka (interface).

Beberapa aspek yang menjadi focus dalam perancangan sebuah antarmuka ialah :
  1. Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka
  2. Metode implementasi antarmuka
  3. Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka
  4. Pengembangan antarmuka baru
  5. Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru


Bidang Terkait Interaksi Manusia dan Komputer

            Secara garis besar interaksi manusia dan komputer meliputi Ergonomic dan Faktor Manusia.
  • Ergonomic, dimana interaksi manusia - komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin
  • Faktor manusia, berkaitan dengan masalah – masalah psikologis dan sosiologi
Dalam beberapa bidang interaksi manusia dan komputer meliputi :
  1. Psikologi dan ilmu kognitif, memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user dan kemampuan memecahkan masalah.
  2. Ergonomic, memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan / karateristik fisik user.
  3. Sosiologi, membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
  4. Ilmu Komputer dan teknik rekayasa, untuk membangun teknologi yang dibutuhkan.
  5. Bisnis, memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
  6. Desain grafis, untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface .
Tujuan Interaksi Mannusia dan Komputer

            Tujuan adanya Interaksi Manusia dan Komputer sudah jelas, untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer, efektivitas, daya guna, dan mendapatkan berbagai feedback (umpan balik) yang diperlukan selama bekerja pada sistem komputer tersebut.
            Sebagai contoh, sebuah komputer lengkap dipasang pada ruang yang kurang nyaman, pasti sulit untuk fokus atau mengerjakan sesuatu dengan kondisi tersebut. Atau keyboard dengan tombol-tombol yang keras sehingga kurang nyaman dalam mengetik.[3] Adapun dalam bidang ergonomic dimana mouse dibentuk sedemikian rupa agar sesuai dengan kenyamanan tangan manusia

Media antarmuka manusia dan komputer
  • Media Tekstual
          Bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks. Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.
  • Media GUI (Graphical User Interface)
          Bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif. Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dll.)

Kesimpulan

            Interaksi Manusia dan Komputer merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang hubungan manusia dan komputer dengan berbagai aspek terkait dengan tujuan untuk mempermudah manusia dalam menggunakan/mengoperasikan komputer melalui sebuah antarmuka (Interface). Bidang terkait Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) secara garis besar dikelompokkan menjadi ergonomi dan faktor manusia, dimana didalam semua aspek terkait mengkaji bagaimana hubungan manusia dan komputer dapat berinteraksi secara efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar