Pengertian
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi
secara bahasa adalah tindakan yang terjadi antara dua objek atau lebih yang
saling mempengaruhi satu sama lain.[1] Interaksi Manusia dan
Komputer memiliki cakupan bahasan yang cukup luas, tidak hanya berfokus pada
rancangan antarmuka saja, tetapi juga pada semua aspek terkait disiplin ilmu
yang berhubungan dengan interaksi manusia dan komputer.
Interaksi
Manusia dan Komputer atau HCI (Human Computer Interaction) adalah disiplin ilmu
yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi
perancangan, evaluasi dan impementasi antarmuka pengguna (user) agar mudah
digunakan oleh manusia.[2]
Jadi, Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah suatu
disiplin ilmu yang berhubungan dengan interaksi manusia dan komputer melalui
sebuah antarmuka (interface).
Beberapa aspek yang menjadi focus dalam perancangan
sebuah antarmuka ialah :
- Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka
- Metode implementasi antarmuka
- Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka
- Pengembangan antarmuka baru
- Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru
Bidang
Terkait Interaksi Manusia dan Komputer
Secara
garis besar interaksi manusia dan komputer meliputi Ergonomic dan Faktor Manusia.
- Ergonomic, dimana interaksi manusia - komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin
- Faktor manusia, berkaitan dengan masalah – masalah psikologis dan sosiologi
Dalam beberapa bidang interaksi manusia dan komputer
meliputi :
- Psikologi dan ilmu kognitif, memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user dan kemampuan memecahkan masalah.
- Ergonomic, memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan / karateristik fisik user.
- Sosiologi, membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
- Ilmu Komputer dan teknik rekayasa, untuk membangun teknologi yang dibutuhkan.
- Bisnis, memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
- Desain grafis, untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface .
Tujuan
Interaksi Mannusia dan Komputer
Tujuan
adanya Interaksi Manusia dan Komputer sudah jelas, untuk mempermudah manusia
dalam mengoperasikan komputer, efektivitas, daya guna, dan mendapatkan berbagai
feedback (umpan balik) yang diperlukan selama bekerja pada sistem komputer
tersebut.
Sebagai
contoh, sebuah komputer lengkap dipasang pada ruang yang kurang nyaman, pasti
sulit untuk fokus atau mengerjakan sesuatu dengan kondisi tersebut. Atau
keyboard dengan tombol-tombol yang keras sehingga kurang nyaman dalam mengetik.[3] Adapun dalam bidang ergonomic dimana mouse dibentuk sedemikian rupa agar sesuai
dengan kenyamanan tangan manusia
Media
antarmuka manusia dan komputer
- Media Tekstual
- Media GUI (Graphical User Interface)
Bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif. Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dll.)
Kesimpulan
Interaksi
Manusia dan Komputer merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang
hubungan manusia dan komputer dengan berbagai aspek terkait dengan tujuan untuk
mempermudah manusia dalam menggunakan/mengoperasikan komputer melalui sebuah
antarmuka (Interface). Bidang terkait Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
secara garis besar dikelompokkan menjadi ergonomi dan faktor manusia, dimana
didalam semua aspek terkait mengkaji bagaimana hubungan manusia dan komputer
dapat berinteraksi secara efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar